Aplikasi Google Foto mungkin selalu menampilkan gambar RAW di tampilan Foto utama

Kode tersembunyi ditemukan oleh 9to5Google di versi terbaru aplikasi Foto Google (versi 6.20) mengungkapkan perubahan pada aplikasi yang akan selalu menampilkan foto RAW di feed utama, tidak peduli bagaimana sakelar Pencadangan disetel. Saat ini, foto RAW yang diambil di Pixel dan perangkat Android lainnya membuat file RAW yang secara default menonaktifkan tombol Pencadangan. Itu karena file gambar RAW lebih besar dan akan memakan lebih banyak ruang saat dicadangkan di cloud.
Gambar RAW tidak dikompresi dan dapat dianggap sebagai “negatif digital” yang menampilkan gambar langsung dari sensor di ponsel Anda sebelum diproses. Akibatnya, gambar RAW tidak terpoles dan biasanya memerlukan pemrosesan lebih lanjut untuk mencapai potensinya. Namun dengan gambar RAW, Anda bisa berkreasi saat melakukan proses pengeditan sendiri.

Karena foto RAW tidak disimpan di awan, saat ini Anda tidak akan melihatnya di umpan foto utama di aplikasi Google Foto versi Android. Tetapi serangkaian kode tersembunyi mengungkapkan perubahan pada ini karena menunjukkan frasa “Sekarang Anda dapat mengakses foto RAW di sini” yang dapat segera muncul di aplikasi. Dan berdasarkan rangkaian kode lain yang ditemukan, meskipun Google Photos Backup dinonaktifkan, foto RAW akan muncul di tampilan Foto aplikasi.

String lain menunjukkan bahwa dengan Pencadangan diaktifkan tetapi unggahan folder RAW dinonaktifkan, gambar RAW tetap akan diunggah. Seperti yang ditunjukkan 9to5Google, dengan pengaturan yang disebutkan di atas, rangkaian kode dengan frasa, “Foto RAW baru akan muncul di tampilan Foto dan sekarang akan dicadangkan” tidak masuk akal kecuali kata “sekarang” seharusnya “tidak .” Apa pun itu, gambar RAW akan muncul di tampilan Foto.

Ketika Google belum selesai mendorong pembaruan ke versi 6.20 dari aplikasi Foto Google, mereka yang telah menerimanya tidak memiliki gambar RAW di umpan mereka yang dapat menunjukkan bahwa Google perlu membalik sakelar pada pembaruan sisi server untuk menambahkan fitur baru ke aplikasi.

Untuk mengambil gambar RAW di ponsel Android Anda, buka aplikasi kamera dan ketuk ikon roda gigi di pojok kiri atas. Mengetuk Lebih banyak pengaturan > Canggih dan aktifkan kontrol RAW+JPEG. Seperti yang dicatat Google, “File RAW (DNG) disimpan secara terpisah, bersama dengan data kamera yang dapat diidentifikasi, di folder perangkat di Foto Google.” Melakukan hal ini akan memerlukan penggunaan penyimpanan tambahan.

Setelah pengaturan RAW+JPEG diaktifkan, dengan menu drop-down kamera ditampilkan, Anda dapat mengetuk RAW untuk menerima versi RAW dan JPEG dari foto Anda. Dan jika Anda tidak ingin penyimpanan Anda terpakai dengan cepat, jangan mencadangkan gambar RAW di cloud. Ingatlah bahwa agar gambar RAW muncul di feed aplikasi Foto Google, Anda harus memotret dalam RAW. Pastikan bahwa jika ini yang Anda inginkan, Anda telah mengaktifkan pengaturan seperti dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *