Bagaimana Mengenalinya Jika Situs Web Adalah WordPress

📚 Daftar Isi:

Bagaimana cara mengetahui apakah sebuah situs web adalah WordPress

Dengan metode penelitian berikut, Anda dapat menebak situs web mana yang menggunakan WordPress. Setelah itu, Anda bahkan dapat melangkah lebih jauh untuk mengetahui tema dan plugin mana yang digunakan, membantu Anda menyusun tindakan terbaik saat merancang situs web Anda sendiri.

Baca terus 📖 untuk mengidentifikasi situs web buatan WordPress hanya dengan beberapa klik.

Metode 1: Gunakan Wappalyzer dan BuiltWith

Wappalyzer dan BuiltWith adalah dua layanan terpisah yang memberi tahu Anda teknologi mana yang digunakan di situs web yang Anda telusuri. Ini dapat membantu dengan analisis pesaing, riset pasar, dan tentu saja, memandu desain situs web Anda sendiri.

Prosesnya agak sederhana. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui apakah sebuah situs web adalah WordPress.

Langkah 1: Masukkan URL situs web apa pun ke Wappalyzer

Salin URL situs web yang dimaksud. Buka Wappalyzer.com. Rekatkan URL yang disalin ke bilah pencarian utama. Klik Pencarian Teknologi pilihan untuk mengaktifkan pencarian.

Catatan: Meskipun Wappalyzer memberikan pencarian gratis, Anda seringkali harus mendaftar akun gratis dari awal. Jika demikian, buat akun untuk menerima 50 pencarian gratis per bulan.

Langkah 2: Periksa bagian CMS dan Blog

Saat hasilnya terisi ke halaman berikutnya, Anda akan melihat beberapa kategori untuk teknologi yang digunakan di situs web. Anda paling tertarik dengan CMS dan Blog bagian untuk mengetahui apakah sebuah situs web adalah WordPress.

Jika CMS (sistem manajemen konten) mengatakan “WordPress,” situs web menggunakan WordPress! Kalau tidak, itu dibangun di atas sesuatu yang lain (atau pemilik situs menyembunyikan fakta bahwa mereka menggunakan WordPress). Itu Blog bagian adalah pilihan lain, tetapi itu hanya berfokus pada teknologi untuk situs blog. Misalnya, sebuah situs web dapat menggunakan Magento untuk seluruh toko online-nya tetapi memiliki WordPress yang terintegrasi untuk halaman Blognya.

Mencari di bawah CMS di Wappalyzer

Langkah 3: Periksa tema dan plugin WordPress untuk memastikan bahwa ini adalah situs WordPress

Jika Anda menggulir ke bawah pada halaman Wappalyzer, bagian lain memberi Anda petunjuk tentang sejauh mana penggunaan situs WordPress:

  • Itu Tema WordPress bagian memberi tahu jika tema WordPress diinstal dan yang mana
  • Itu Plugin WordPress bagian mencantumkan plugin yang dipasang di situs (membantu Anda memahami bagaimana fitur tertentu dicapai). Itu tidak dapat mendeteksi semua plugin di situs, tetapi akan mencoba menemukan sebanyak mungkin.
Lihat di bawah tema WordPress untuk mengetahui apakah sebuah situs web adalah WordPress

Catatan: Wappalyzer memiliki ekstensi peramban untuk menyelesaikan analisis situs saat menjelajahi internet. Ekstensi tersedia untuk Chrome, Firefox, Edge, dan Safari.

Langkah 4: Rekatkan URL situs yang sama ke BuiltWith

BuiltWith mirip dengan Wappalyzer, tetapi menggunakan teknik pengikisan data eksklusif dan analisis teknologi data yang unik. Itu sebabnya kami menyarankan untuk menjalankan pengujian lain di BuiltWith sebagai tindakan kedua.

Buka BuiltWith.com, dan rekatkan di URL situs web yang sama. Klik Mencari tombol.

menggunakan pencarian BuiltWith untuk mengetahui apakah sebuah situs web adalah WordPress

Langkah 5: Cari penyebutan WordPress di Profil Teknologi

Hasilnya muncul di halaman berikut. Di bawah Profil Teknologi tab, gulir ke bawah pada halaman untuk mencari indikator situs web menggunakan WordPress.

mengklik profil teknologi

Bagian yang paling berguna disebut Sistem Manajemen Konten. Di sini, Anda akan melihat sistem manajemen konten yang terpasang. Jika WordPress terdaftar, situs web tersebut, dalam beberapa cara, menggunakan WordPress untuk beroperasi (kemungkinan semua atau sebagian dari situs mereka).

bagaimana cara mengetahui apakah sebuah situs web adalah WordPress dengan BuiltWith

Informasi tambahan tentang penggunaan WordPress dapat ditemukan di bawah Widget dan Kerangka kerja bagian. Misalnya, situs CodeInWP menggunakan plugin WordPress umum seperti OptinMonster dan Contact Form 7, serta plugin yang dikembangkan oleh Themeisle. Ini memberi Anda indikasi lain bahwa WordPress diinstal.

memeriksa widget di BuiltWith

Dan tema Neve WordPress tercantum di bawahnya Kerangka kerja bagian.

mencari di bawah kerangka kerja

Anda mungkin juga menemukan penyebutan WordPress di bawah Penyedia Web Hosting area, jika pemilik situs membayar WordPress.com untuk hostingnya.

Metode 2: Lihat kode sumber situs dan URL login

WordPress memiliki halaman login unik dan direktori pengkodean yang langsung memberi tahu Anda bahwa sebuah situs web menggunakan WordPress.

Masyarakat umum dapat mencari penyebutan direktori dan halaman login tersebut dengan beberapa klik.

Langkah 1: Lihat kode sumber situs web

Buka beranda situs web yang ingin Anda ketahui. Klik kanan, lalu pilih Lihat sumber halaman opsi di menu tarik-turun.

Catatan: Beberapa browser memiliki nama berbeda untuk fitur ini, seperti “Lihat sumber” atau “Lihat Kode.” Anda tidak tertarik dengan “Memeriksa” pilihan.

mengklik tombol lihat sumber halaman

Langkah 2: Gunakan pintasan Temukan kata kunci untuk mencari direktori WordPress yang umum

Hasilnya adalah daftar kode yang panjang. Untuk menghindari pemindaian melalui semua itu, gunakan Menemukan pintasan keyboard (CTRL + F di Windows dan CMD + F di Mac), lalu ketikkan kata kunci untuk direktori WordPress umum, seperti:

  • /wp-konten
  • wp-termasuk
  • / wp-admin

Jika situs tersebut ada di WordPress, Anda akan melihat beberapa contoh direktori tersebut di dalam kode. Itu Menemukan pintas membuatnya jauh lebih mudah untuk melompat ke semua penyebutan kata kunci itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *