Dari Perspektif Pengguna Kekuatan Aktual

Pada dasarnya, semua fitur ini digabungkan untuk membantu Anda membuat desain dalam waktu yang lebih singkat.

Sebagai sentuhan tambahan yang bagus, Elementor mendukung mode terang dan mode gelap dan secara otomatis menyesuaikan dengan pengaturan sistem operasi Anda. Untuk contoh tangkapan layar ini, saya menggunakan mode gelap – tetapi seperti inilah tampilan mode terang:

2. Opsi desain terperinci untuk memberi Anda kontrol penuh

Elementor memberi Anda banyak opsi desain bawaan, yang berarti Anda memiliki lebih banyak alat untuk menyesuaikan desain Anda tanpa perlu menggunakan CSS khusus.

Satu-satunya pembangun lain yang saya gunakan yang menyaingi fleksibilitas desain Elementor adalah Divi – di luar itu, Elementor umumnya berada di atas opsi lain dalam hal fleksibilitas desain.

Bahkan dengan versi gratisnya, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan warna, font, spasi, batas, dan sebagainya.

Dengan Elementor Pro, Anda mendapatkan akses ke alat desain yang lebih canggih, seperti kemampuan untuk membuat efek gulir yang menarik (yang disebut Elementor sebagai “Efek Gerakan”). Lihat beberapa contoh di sini.

Misalnya, berikut adalah beberapa dari banyak opsi yang Anda dapatkan untuk tombol sederhana:

Tinjauan opsi desain elemen

Di luar pilihan desain individual, Elementor juga memungkinkan Anda menyiapkan sistem desain di seluruh situs, yang memungkinkan Anda mengontrol default untuk warna dan tipografi.

Jika Anda pernah memperbarui default, perubahan tersebut akan berlaku di seluruh situs Anda (kecuali dalam kasus di mana Anda menimpanya):

Pengaturan desain global elemen

Jika Anda terbiasa dengan CSS, Anda dapat menganggapnya sebagai variabel CSS.

3. Fitur pengeditan responsif yang kuat untuk membuat desain untuk semua perangkat

Ulasan Elementor kami tidak akan lengkap tanpa menyebutkan bahwa semua desain yang Anda buat dengan Elementor responsif secara default. Ini berarti bahwa mereka akan secara otomatis beradaptasi dengan ukuran perangkat yang berbeda tanpa Anda harus melakukan sesuatu yang ekstra.

Namun, jika Anda menginginkan kontrol lebih, Elementor menawarkan mode pengeditan responsif yang memungkinkan Anda masuk dan membuat perubahan untuk perangkat tertentu.

Misalnya, Anda dapat mengubah ukuran font untuk pengunjung seluler atau menyembunyikan widget tertentu:

Peninjauan elemen dari opsi desain responsif

Elementor juga memungkinkan Anda menyesuaikan sepenuhnya breakpoint responsif di situs Anda.

4. Dukungan pembuatan tema lengkap dengan konten dinamis

Dengan Elementor Pro, Anda dapat melampaui mendesain halaman individual dan benar-benar menyesuaikan file template tema Anda menggunakan pembuatan tema, termasuk yang berikut:

  • Tajuk
  • Catatan kaki
  • Lajang (template untuk setiap konten)
  • Arsip (template yang mencantumkan banyak konten)

Anda juga dapat mendesain template untuk jenis posting khusus.

Ini memungkinkan Anda mengganti sebagian atau semua tema Anda dengan desain yang Anda buat dengan Elementor.

Anda juga dapat menggunakan aturan bersyarat untuk hanya menerapkan template ke bagian tertentu dari situs Anda:

kondisi pembangun tema

Jika Anda membuat situs konten khusus dengan bidang khusus, Elementor Pro juga menawarkan fitur konten dinamis yang memungkinkan Anda mengisi konten widget dengan data dari data WordPress atau kolom kustom yang telah Anda tambahkan dengan plugin seperti Advanced Custom Fields (ACF), Pods, Toolset, atau Meta Box.

Di versi 3.8, Elementor Pro bahkan menambahkan dukungan untuk menyesuaikan “loop” WordPress, yang memberi Anda lebih banyak kontrol atas daftar posting blog atau konten khusus.

Fitur pembuat loop baru ini lebih jauh dari hampir semua pembuat visual lainnya (kecuali Oxygen, yang selalu memiliki dukungan kuat untuk menyesuaikan loop).

Fitur pembuat lingkaran baru

5. Dukungan WooCommerce yang kuat

Jika Anda sedang membangun toko WooCommerce, Elementor Pro menawarkan integrasi yang sangat erat.

Pertama, Anda dapat menggunakan fitur pembuatan tema dari atas untuk menyesuaikan templat halaman produk tunggal dan templat cantuman toko Anda.

Pada tahun 2022, Elementor Pro juga menambahkan widget khusus untuk halaman Keranjang, Pembayaran, dan Akun Saya, yang memungkinkan Anda menyesuaikan sepenuhnya halaman tersebut menggunakan Elementor.

Selain itu, Anda mendapatkan banyak widget WooCommerce yang dapat digunakan di bagian lain situs Anda.

Sekali lagi, Elementor berada di atas sebagian besar kompetisi dalam hal memungkinkan Anda mendesain dan menyesuaikan toko WooCommerce.

6. Pembuat popup yang fleksibel

Dengan Elementor Pro, Anda dapat melewati menggunakan plugin popup atau opt-in terpisah karena Anda dapat mendesain semua jenis popup yang berbeda menggunakan antarmuka visual Elementor.

Berikut adalah beberapa contoh yang dapat Anda buat:

  • Keikutsertaan email
  • Pengumuman/promosi
  • Formulir kontak
  • Formulir masuk/daftar
  • Gerbang usia
  • Pemberitahuan persetujuan cookie
  • …banyak lagi
Peninjauan elemen dari opsi pemicu pembuat popup

Anda juga mendapatkan banyak pilihan penargetan dan aturan pemicu yang menyaingi plugin popup khusus.

Sebagian besar plugin pembangun lainnya tidak memiliki fitur bawaan, dengan Brizy menjadi salah satu dari sedikit yang memilikinya.

7. Pasar ekstensi pihak ketiga yang besar

Saat membuat Elementor, pengembang membuatnya secara terbuka sehingga pengembang pihak ketiga dapat membuat add-on mereka sendiri.

Itu, dikombinasikan dengan popularitas besar Elementor, berarti ada a sangat besar pasar add-on Elementor pihak ketiga untuk memperluas Elementor dalam semua jenis cara yang menarik – jauh lebih besar daripada yang ditawarkan pembuat lainnya (meskipun ada pasar tambahan yang solid untuk Beaver Builder, Divi, dan Oxygen).

Ekstensi ini dapat menambahkan widget, template, fitur, integrasi baru, dan lainnya. Daftar lengkapnya sangat luas sehingga Anda dapat dengan mudah menulis artikel ulasan Elementor terpisah hanya dengan add-on saja.

Faktanya, ini hampir seperti WordPress itu sendiri – dengan WordPress, Anda dapat menemukan plugin untuk melakukan hampir semua hal yang Anda inginkan, dan dengan Elementor, Anda dapat menemukan add-on Elementor untuk melakukan hampir semua hal yang Anda inginkan.

Berikut adalah daftar yang sangat kecil dari beberapa contoh bagaimana pengaya dapat membantu:

  • Tes Terpisah untuk Elementor – add-on ini memungkinkan Anda menjalankan pengujian A/B menggunakan Elementor.
  • Addons Penting untuk Elementor – ini menambahkan 90+ widget baru untuk digunakan dalam desain Anda.
  • Visibilitas Dinamis untuk Elementor – ini memungkinkan Anda menampilkan/menyembunyikan widget dan bagian Elementor menggunakan banyak kondisi berbeda.
  • Elmailer – ini memungkinkan Anda menggunakan antarmuka Elementor untuk mendesain email yang dikirim situs Anda ke pengguna. Misalnya, jika Anda memiliki toko WooCommerce, Anda dapat mendesain email transaksional WooCommerce menggunakan Elementor.

Ini hanyalah sebagian kecil dari apa yang dapat dilakukan oleh add-on Elementor.

8. Bantuan/tutorial populer dan mudah ditemukan

Keuntungan lain dari popularitas Elementor adalah sangat mudah untuk menemukan bantuan dan tutorial komunitas.

Misalnya, grup Facebook Elementor resmi memiliki lebih dari 136.000 anggota, lalu ada juga banyak grup tidak resmi dengan ribuan anggota. Kekuatan komunitas adalah ulasan Elementor yang positif, karena ini menunjukkan berapa banyak orang yang suka menggunakannya.

Anda juga dapat menemukan banyak sekali video YouTube dan postingan blog yang mencakup tip umum atau cara menggunakan Elementor dengan cara yang sangat spesifik dan bermanfaat.

Memiliki semua sumber daya dan komunitas ini membuatnya sangat mudah untuk mendapatkan hasil maksimal dari Elementor.

Ulasan Elementor: Kerugian utama menggunakan Elementor

Meskipun kami menyukai banyak hal dalam ulasan Elementor kami, ada juga beberapa kelemahan menggunakan Elementor. Mari kita lihat dua di antaranya di bawah ini.

Performa bisa lebih baik (tetapi membaik)

Saat Anda menggunakan pembuat visual apa pun, itu akan menambah bobot ekstra ke halaman dibandingkan menggunakan editor WordPress asli.

Namun, Elementor sedikit lebih berat daripada beberapa alternatifnya, yang berarti Anda harus bekerja sedikit lebih keras untuk membuat situs yang memuat cepat.

Tim Elementor mengetahui hal ini dan mereka telah bekerja keras untuk meningkatkan kinerjanya, tetapi masih belum mencapai puncak permainan.

Berikut adalah contoh cepat di mana saya membuat desain yang sangat sederhana dengan empat pembangun yang berbeda (menggunakan elemen yang sebanding di setiap pembangun):

Inilah bobot penuh halaman (termasuk tema Neve, yang saya gunakan sebagai dasar situs pengujian):

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *