Cara Menggunakan Gambar AVIF WordPress (Metode Mudah)

Dalam postingan ini, kita akan melihat pro dan kontra dari gambar AVIF dan menunjukkan cara menggunakannya di WordPress. Mari kita mulai!

Pro dan kontra menggunakan AVIF di WordPress

Format File Gambar AV1 (AVIF) adalah format gambar generasi berikutnya yang berupaya mengatasi beberapa kekurangan alternatif seperti WebP. Seperti WebP, AVIF didasarkan pada algoritme pengkodean video. Namun, WebP hanya dapat mendukung resolusi 8-bit. Artinya, gambar mungkin tampak buram, tercoreng, atau terpikselasi.

AVIF, di sisi lain, dapat diperluas hingga resolusi 12-bit. Selain itu, AVIF menggunakan algoritme kompresi lossy yang lebih efisien yang ideal untuk animasi, video, dan foto dengan latar belakang transparan. Itu dapat menyajikan tepi gambar yang bersih dan tajam dengan ukuran file yang sangat kecil.

Lebih baik lagi, berkat ukuran file yang lebih kecil ini, menggunakan AVIF adalah cara terbaik untuk meringankan beban di server Anda. Ini tidak hanya dapat menghemat bandwidth, tetapi juga memungkinkan Anda membuat UX bintang dengan meningkatkan waktu pemuatan. Karena kecepatan adalah faktor peringkat untuk Google, memilih AVIF dapat membantu Anda meningkatkan peringkat pencarian Anda.

Kelemahan utama menggunakan AVIF di WordPress adalah kurangnya kompatibilitas browser penuh.

Karena AVIF adalah format yang relatif baru, saat ini hanya dikenali oleh Chrome dan Firefox (dan dengan dukungan Pratinjau Teknologi di Safari).

Secara keseluruhan, situs sumber daya Dapatkah saya menggunakan memperkirakan hanya sekitar 83% pengguna internet yang menggunakan browser yang mendukung AVIF pada awal tahun 2023 [1].

Dukungan gambar AVIF WordPress di browser
Sumber – Dapatkah Saya Menggunakan

Plus, AVIF tidak didukung di WordPress secara default.

Namun, jangan khawatir – jika Anda menggunakan alat dari panduan gambar AVIF WordPress kami di bawah ini, ini akan menambahkan dukungan AVIF ke WordPress Dan secara otomatis memastikan bahwa itu hanya menyajikan gambar AVIF kepada pengunjung yang browsernya mendukung format tersebut.

Cara mengatur gambar AVIF WordPress (dalam dua langkah)

Jika Anda telah memutuskan bahwa AVIF adalah cara untuk membuka situs WordPress Anda, kami siap membantu! Mari kita lihat cara menggunakan format gambar ini dengan cepat dan mudah:

Langkah 1: Instal dan aktifkan Optimole di WordPress

Salah satu cara termudah untuk menggunakan AVIF di WordPress adalah menginstal plugin seperti Optimole. Ini adalah alat pengoptimalan gambar layanan lengkap yang memungkinkan Anda mengubah ukuran, mengompres, dan mengoptimalkan semua foto di seluruh situs Anda.

Optimole tidak hanya memungkinkan Anda menggunakan AVIF di WordPress, tetapi Anda juga dapat memanfaatkan fitur lain seperti pemuatan lambat. Selain itu, Anda dapat memindahkan gambar ke jaringan pengiriman konten (CDN) Optimole yang canggih.

Pertama, Anda harus menginstal dan mengaktifkan plugin Optimole. Di dasbor WordPress Anda, navigasikan ke Plugin > Tambah baru. Kemudian, cari “Optimole” di bilah pencarian dan klik Instal sekarang:

Instal plugin Optimole di WordPress

Ini hanya akan memakan waktu beberapa detik. Lalu, pukul Mengaktifkan.

Pada titik ini, Anda akan diminta untuk membuat akun dan memasukkan kunci API unik Anda untuk terhubung ke platform Optimole:

Buat akun Optimole

Jika alamat email Anda benar, klik Buat & hubungkan akun Anda.

Selanjutnya, Anda harus menerima kunci API Anda melalui email, jadi salin kunci ke papan klip Anda. Kemudian, beralih kembali ke WordPress dan menuju ke Media > Optimole.

Di sini, pilih Saya sudah memiliki kunci API. Kemudian, masukkan kunci Anda dan klik Hubungkan ke Optimole:

Tambahkan kunci API Optimole Anda

Salah satu hal terbaik tentang Optimole adalah ia bekerja secara otomatis di latar belakang situs Anda. Jadi, jika Anda mencari alat pengoptimalan gambar sederhana, Anda dapat membiarkan plugin melakukan tugasnya. Namun, untuk mengaktifkan konversi gambar AVIF WordPress, Anda harus melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Aktifkan konversi gambar AVIF WordPress

Sekarang Anda memiliki Optimole di situs WordPress Anda, Anda dapat mengakses dasbor khusus. Di sini, Anda dapat memantau jumlah gambar yang telah dioptimalkan Optimole untuk Anda. Plus, Anda dapat mengetahui tingkat kompresi rata-rata dan melihat kunjungan bulanan Anda.

Selain itu, Anda dapat men-tweak pengaturan plugin di dasbor ini. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, beberapa pengaturan Optimole bekerja secara otomatis. Namun, Anda harus mengubah pengaturan khusus untuk mengaktifkan gambar AVIF WordPress.

Menuju ke Media > Optimole. Kemudian, beralih ke Pengaturan tab:

Pengaturan umum Optimole selain konversi gambar AVIF WordPress

Anda harus membuka Canggih tab dan pilih Kompresi. Gulir ke bawah halaman dan temukan Aktifkan konversi avif. Kemudian, aktifkan pengaturan untuk mengaktifkan AVIF di WordPress:

Aktifkan gambar AVIF WordPress dengan Optimole

Setelah Anda melakukan ini, Optimole akan selalu menampilkan gambar Anda dalam format AVIF – tentu saja, selama pengunjung Anda menggunakan browser yang mendukungnya. Jika Anda berubah pikiran untuk menggunakan AVIF, cukup nonaktifkan pengaturan konversi gambar di dasbor Optimole.

Coba gambar AVIF WordPress hari ini 🚀

Menambahkan gambar ke situs Anda adalah cara terbaik untuk membuat konten Anda lebih menarik dan menyampaikan informasi mendetail. Namun, jika Anda mencoba membuat file gambar tetap kecil, Anda mungkin akan mengorbankan kualitasnya.

Di sinilah menggunakan AVIF di WordPress bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mempercepat situs web Anda sekaligus menghadirkan grafik yang tajam dan jelas.

👉 Singkatnya, berikut adalah dua langkah mudah untuk menggunakan AVIF di WordPress:

  1. Instal dan aktifkan Optimole di dasbor WordPress Anda.
  2. Aktifkan konversi AVIF di pengaturan plugin.

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang penggunaan gambar AVIF di WordPress? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *