4 Faktor yang Harus Diingat Saat Memilih ISP

Posted on

Tikcode – Saat ini internet sama pentingnya dengan utilitas lain untuk sebagian besar bisnis dan bahkan rumah. Fenomena inilah yang membuat Internet Service Provide (ISP) banyak tersedia namun justru membuat sulit saat harus menemukan​ ISP terbaik di Indonesia.

Menurut ubaya.ac.id, sebagian besar bisnis menggunakan internet untuk banyak hal mulai dari berkomunikasi dengan pelanggan hingga pembayaran. Tanpa internet, beberapa bisnis bahkan tidak dapat beroperasi. Sedangkan pengguna rumahan cenderung menggunakan internet sebagai sumber hiburan.

Faktor untuk Memilih ISP Terbaik

ISP terbaik di Indonesia

1. Reputasi

Salah satu cara terbaik untuk memeriksa seberapa bagus suatu ISP adalah melalui penelitian reputasi. Memahami reputasi ISP adalah metode yang tepat untuk mempersempit pilihan terbaik.

Caranya sendiri bisa dengan membaca review pelanggan secara online, berbicara langsung dengan karyawan ISP, atau bertanya kepada teman / tetangga / kenalan yang pernah atau sedang menjadi pelanggan dari ISP tersebut.

2. Layanan Pelanggan

Sebagus apapun kualitas dari jaringan internet suatu ISP, di satu titik di masa depan nanti pasti akan ada masalah tak terhindarkan yang terjadi, yang membuat pelanggan harus berurusan dengan layanan pelanggan dari ISP tersebut.

Mungkin juga pelanggan memiliki pertanyaan terkait pembayaran atau jenis paket yang sedang digunakan, ada kerusakan pada hardware dan membutuhkan teknisi untuk datang ke rumah, ingin ganti paket yang lebih mahal atau lebih murah, dan sebagainya.

Beberapa kemungkinan inilah yang mengharuskan seorang calon pelanggan ISP harus meneliti kualitas layanan pelanggan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan ISP sebelum benar-benar mendaftar. Beberapa ciri layanan pelanggan yang bagus adalah tersedia 24/7, berpengalaman, ramah, dan sopan.

3. Fleksibilitas

Seiring waktu, kebutuhan penggunaan internet juga akan berubah, baik di rumah atau pun lingkungan bisnis. Misalnya, pasangan baru menikah akan memiliki anak suatu hari nanti, sehingga gadget juga akan bertambah dan jumlah pengguna internet di rumah juga bertambah.

Contoh lainnya, sebuah perusahaan kecil yang saat ini memiliki sepuluh karyawan misal, seiring waktu akan tumbuh dan berkembang sehingga jumlah karyawannya menjadi banyak. Begitu juga dengan jumlah pelanggan dan mitra bisnis perusahaan.

Bersamaan dengan ini, perusahaan memerlukan peningkatan bandwidth. Cakupan layanan yang diperlukan perusahaan mungkin juga dapat berubah dari waktu ke waktu.

Jadi, dari awal pilihlah ISP yang menawarkan banyak pilihan paket mulai dari telepon kabel hingga jaringan internet untuk menyederhanakan kebutuhan telekomunikasi, dan pastikan bahwa pelanggan dapat mengubah paket dengan mudah serta kapan saja sesuai dengan kebutuhan.

4. Teknisi Ahli dan Berpengalaman

Selain customer service, pastikan juga bahwa ISP yang dipilih juga memiliki tim teknisi yang ahli dan berpengalaman, dan jika perlu sudah memiliki sertifikat ahli. Teknisi yang seperti ini akan dapat menangani berbagai masalah dengan baik sehingga tidak membuang waktu dan dana perbaikan.

Saat memilih ISP, pastikan untuk memperhatikan keempat faktor di atas dengan baik. Jangan lupa untuk mengecek seluruh rangkaian produk dan layanan yang ditawarkan, serta jangan buru-buru saat menentukan pilihan, karena yang pilihan terbaik hanya bisa didapat dengan pertimbangan yang matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *