oleh

4 Langkah Mudah Merawat Head Lamp Mobil Agar Tidak Buram

Tikcode – Tidak dapat dipungkiri jika seandainya head lamp termasuk dalam komponen utama yang menyinari kendaraan. Fungsinya tak lain adalah untuk membantu melihat jalanan, apalagi dalam kondisi gelap, seperti diantaranya adalah pada malam hari. Selain difungsikan sebagai sarana untuk penyinaran sebenarnya masih banyak diantara fungsi lain. Seperti diantaranya adalah alat untuk berkomunikasi dengan pengguna kendaraan yang lainnya, sehingga tidak sampai terjadi kecelakaan.

Lampu yang ada di dalam headlamp ini sendiri ada beberapa mulai dari lampu dekat, lampu jauh sampai dengan sein yang kesemuanya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun memang ada kalanya lampu ini mengalami masalah sehingga tidak dapat dinyalakan, sehingga harus segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru. kondisi lainnya yang mungkin sering Anda jumpai juga ada ketika kondisi rumah kaca ini berubah menjadi buram. Ada banyak faktor yang menyebabkan bagian kaca ini berubah menjadi buram yang pastinya juga tidak boleh Anda sepelekan. Karena nantinya akan menganggu kenyamanan dalam berkendara, sinar yang dihasilkan sudah pasti tidak akan berfungsi secara optimal.

Untuk itu maka patut bagi Anda mengetahui bagaimanakah langkah dalam merawat headlamp mobil yang buram tersebut agar bisa kembali seperti sedia kala. Berikut ini yang harus diketahui, yaitu:

head lamp mobil

  1. Parkirkan kendaraan Anda di tempat yang teduh, memilih tempat parkir yang tepat dalah bagian penting yang agaknya juga tak boleh Anda sepelekan. Karena sangat menunjang ketahanan atau kualitas dari kendaraan tersebut. Bagi mereka yang terbiasa memarkirkan kendaraan di bawah terik matahari secara langsung, maka akan mempermudah sinar UV merusak komponen kendaraan, termasuk membuat kaca menguning jadi lebih cepat. Itulah mengapa hendaknya harus dihindari memarkirkannya pada area yang panas.
  2. Pakailah cairan anti UV dan juga Wax, ini adalah sarana yang dapat dipakai untuk melindungi kaca, saat ini sudah banyak yang menjualnya di pasaran. Sehingga akan lebih mudah bagi Anda di dalam membelinya. Tinggal digunakan atau disematkan saja pada kendaraan tersebut untuk hasil optimal.
  3. Cobalah ganti bohlam pada lampu utama tersebut dengan ukuran yang sama atau sesuai spesifikasi pabrikan, karena dalam beberapa kondisi ketika bohlam yang digunakan memiliki watt terlalu besar dengan intensitas penyinaran yang terlalu terang. Maka hal ini juga akan berdampak pada rumah lampu yang berubah warna menguning. Jadi utamakan memakai yang sesuai standard saja.
  4. Hendaknya cucilah kaca tersebut secara rutin setelah terkena hujan, air hujan mengandung asam di dalamnya, belum lagi tambahan kotoran yaitu debu-debu yang ada pada body mobil Anda, sehingga bisa saja masuk ke rumah kaca dan membuatnya menjadi buram. Itulah mengapa selepas terkena air hujan sangat disarankan bagi Anda untuk segera mencuci mobil tersebut menggunakan air bersih dan juga shampo mobil agar hasilnya lebih optimal. Setelah dicuci gunakanlah hal yang lembut untuk mengeringkan kaca tersebut agar tidak sampai tergores.

Setidaknya itulah beberapa langkah mudah di dalam merawat head lamp mobil Anda agar tidak sampai buram, karena selain menurunkan nilai estetiknya. Maka ia juga akan menurunkan nilai fungsinya, mengingat bisa menyebabkan cahaya yang dihasilkan oleh lampu tersebut menjadi kurang optimal. Untuk itu lampu tidak dapat terlihat jelas ketika menyinari jalanan. Sedangkan jika kondisinya bagian lampu yang rusak, maka sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed