oleh

5 Tips Sukses Siapkan Biaya Persalinan dengan Menggunakan Deposito Online

Tikcode – Biaya persalinan tidaklah murah. Baik persalinan normal maupun operasi caesar membutuhkan biaya persiapan yang besar. Memang biaya persalinan normal biasanya lebih murah, namun kamu juga perlu menyiapkan dana darurat jika persalinan tidak sesuai harapan. Sebab itulah kamu perlu menyiapkan dana persalinan sebaik mungkin, terlebih lagi jika itu anak pertama.

Banyak sekali pengeluaran selama kehamilan hingga persalinan, seperti biaya pemeriksaan kesehatan rutin, biaya USG, biaya senam hamil atau prenatal yoga dan lain sebagainya. Terlebih kamu tidak tahu apakah anak yang lahir nanti membutuhkan perawatan intensif atau tidak.

Biaya persalinan di setiap kota dan kelas rumah sakit bisa berbeda-beda. Demikian pula, tenaga kesehatan yang membantu proses persalinan, termasuk bidan dan dokter, mempunyai tarif yang berbeda. Lantas bagaimana menyiapkan biaya persalinan dengan baik, berikut ini beberapa tips sukses menyiapkan biaya persalinan yang bisa kamu ikuti.

deposito online
https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-dan-anak-menggendong-bayi-3279209/

5 Tips Menyiapkan Biaya Persalinan

1. Siapkan Biaya Saat Positif Hamil

Setelah kamu dinyatakan positif hamil, kamu dan pasanganmu memiliki waktu sembilan bulan untuk mengumpulkan biaya persalinan. Persiapkan semaksimal mungkin, bahkan capai jumlah yang cukup untuk melahirkan dengan operasi caesar.

Sebab, ada kemungkinan melahirkan secara normal tidak dapat dilakukan karena beberapa alasan medis. Serta, sebisa mungkin gunakan biaya sendiri, jangan meminjam biaya dari pihak lain.

2. Gunakan Asuransi Kesehatan atau BPJS

Jika kamu atau pasangan adalah pekerja kantoran biasanya akan mendapatkan benefit berupa asuransi kesehatan. Cari tahu apakah itu bisa mencakup biaya perawatan prenatal dan persalinan? Jika iya, periksa lebih lanjut berapa plafon yang disediakan. Jika belum punya asuransi kesehatan, kamu juga bisa memanfaatkan BPJS dari pemerintah.

BPJS sangat membantu banyak calon ibu untuk menekan biaya persalinan bahkan gratis. Prosesnya cukup lama dan tidak praktis karena harus berobat terlebih dahulu di fasilitas kesehatan tingkat 1 yaitu puskesmas atau klinik. Jika ada indikasi medis yang membutuhkan penanganan lebih lanjut, kamu akan dirujuk ke rumah sakit.

3. Lakukan Survei Tempat Persalinan

Kamu harus melakukan survei tempat persalinan terlebih dahulu untuk mengetahui berapa biaya yang benar-benar dibutuhkan. Kamu bisa menanyakan secara detail mengenai biaya persalinan, pilihan kamar yang tersedia dan perawatan selama beberapa hari setelah melahirkan. Ini sangat berguna untuk memberimu kisaran anggaran yang perlu disiapkan.

4. Beli Perlengkapan yang Dibutuhkan Saja

Saat hamil anak pertama, tentunya setiap calon ibu sangat antusias dengan persiapan kelahiran si kecil. Ada begitu banyak hal yang tidak perlu dibeli seketika dan membuat anggaran persalinan membengkak. Saat mempersiapkan biaya persalinan, jangan tergiur untuk membeli aksesoris bayi yang membutuhkan biaya tinggi, seperti ranjang bayi dan kereta dorong bayi.

Belilah perlengkapan yang diperlukan seperti kaos bayi, pakaian, selimut, sarung tangan, kaos kaki, gendongan dan popok. Kebutuhan si kecil yang lain biasanya bisa terpenuhi dari hadiah kerabat dan orang terdekat setelah persalinan.

5. Pertimbangkan Investasi Jangka Pendek

Daripada menabung di bank, lebih baik menghemat biaya persalinan dalam bentuk deposito. Setoran tidak dapat dibayarkan sebelum jatuh tempo, sehingga kamu dapat lebih profesional dalam mengumpulkan uang dan tidak menggunakannya untuk kebutuhan yang tidak mendesak.

Kamu dapat membuka tabungan deposito dengan jangka waktu 1,3,6 hingga 9 bulan. Saat ini sudah banyak bank yang memberikan kemudahan untuk membuka deposito online, seperti yang ditawarkan digibank by DBS.

Keunggulan Deposito Online dari digibank by DBS

Jika ditanya kenapa kamu harus menggunakan program deposito dari DBS Indonesia? Berikut ini empat keunggulan yang jadi alasan kenapa investasi deposito disini sangat disarankan.

1. Akses 24/7 dari Aplikasi

Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa melakukan setoran dimana saja dan kapan saja, tanpa harus meninggalkan rumah.

2. Bunga Hingga 4,25% per tahun

Bunga deposito yang ditawarkan digibank by DBS hingga 4,25 persen per tahunnya. Tentunya untuk bisa menikmati keuntungan ini ada syarat dan ketentuan jumlah minimal setoran dan tenor waktunya.

3. Deposito mulai 1 juta

Jika kamu khawatir mengenai jumlah deposito online? Kekhawatiranmu akan sirna, sebab kamu bisa melakukan deposito mulai dari Rp. 1 juta saja.

4. Tenor mulai dari 1 bulan

Selain bisa melakukan deposito dengan Rp. 1 juta, kamu bisa memilih jatuh tempo pengembalian mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

Itu dia empat keunggulan deposito online dari digibank by DBS yang akan mempermudahmu dalam menyiapkan biaya untuk persalinan anak pertama yang sudah dinanti-nantikan. Selain untuk biaya persalinan, kamu juga bisa memanfaatkan investasi jangka pendek ini untuk persiapan biaya pendidikan anak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed