Beragam Efek Samping Caesar pada Ibu yang Patut Diwaspadai

Posted on

Tikcode – Caesar menjadi salah satu opsi yang dilakukan untuk membantu ibu dalam proses melahirkan bayi mereka. Meskipun sebenarnya operasi ini adalah opsi setelah melahirkan normal, namun beberapa ibu memilih untuk melakukan operasi Caesar karena beberapa alasan. Nah, terkait operasi ini, ada beberapa efek samping Caesar bagi ibu yang perlu diketahui.

Tentu, pengetahuan mengenai efek samping yang timbul dari operasi Caesar ini penting untuk dijadikan pertimbangan dan pengetahuan baru demi menjaga kondisi tubuh pasca melahirkan. Nah, beberapa efek samping dari operasi Caesar yang dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

efek samping Caesar

1. Adanya bekas luka

Sebagaimana operasi pada umumnya, operasi Caesar yang dilakukan akan meninggalkan bekas luka. Nah, secara umum, bekas luka akibat operasi Caesar tersebut tidak bisa hilang seumur hidup. 

Tidak hanya itu, bekas operasi tersebut juga akan memotong jaringan perut. Hal ini nantinya akan memberikan gangguan yang lebih terutama ketika ibu harus menjalani operasi kritis lainnya di kemudian hari.

2. Istirahat yang memerlukan waktu lama

Efek samping lain dari operasi Caesar yang dilakukan adalah istirahat yang memerlukan waktu cukup lama. Hal ini mendasar karena ibu harus melakukan penyembuhan pada luka sayatan saat melakukan operasi Caesar.

Dalam hal ini, waktu penyembuhan yang diperlukan rata-rata adalah 3 bulan. Bagi sebagian ibu yang memiliki aktivitas bekerja, tentu hal ini pasti akan sangat mengganggu.

3. Masalah kehamilan selanjutnya

Operasi Caesar yang dilakukan nantinya akan mengakibatkan masalah pada kehamilan berikutnya. Hal ini dikarenakan operasi Caesar berpengaruh pada letak plasenta yang akan cenderung berada di posisi lebih dalam.

4. Hernia

Hernia menjadi risiko lain dari operasi Caesar yang dilakukan. Masalah kesehatan ini bisa terjadi ketika organ yang ada di dalam tubuh mencuat melalui jaringan otot bekas dari operasi Caesar tersebut.

Beberapa poin di atas adalah efek samping umum yang mungkin terjadi karena operasi Caesar yang dilakukan. Tentu, beberapa efek samping Caesar tersebut harus dijadikan perhatian agar nantinya dampak yang lebih buruk tidak mengancam.