oleh

Cara Mudah Menjaga agar Kaca Mobil Tidak Berjamur

Tikcode – Musim penghujan sudah tiba. Harus terus-terusan menggunakan transportasi umum selama musim ini tentunya akan sangat menyebalkan. Sebab, kemungkinan Anda basah-basahan atau terlambat sampai tujuan akan semakin tinggi. Maka dari itu, tidak heran bila banyak orang yang tergiur dengan promo mobil bekas 2020 untuk mendapatkan mobil dengan harga murah serta agar terhindar dari guyuran hujan setiap harinya.

Di sisi lain, menggunakan mobil pada musim hujan membuat Anda perlu memperhatikan perawatan mobil tersebut. Salah satunya adalah kaca mobil, yang akan lebih mudah berjamur karena terus-terusan tersiram air hujan. Dampaknya adalah kaca menjadi terlihat buram dan lebih mudah memantulkan cahaya sinar lampu mobil dari arah berlawanan. Tentunya, hal ini akan mengganggu penglihatan Anda selaku pengendara. Maka dari itu, berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk merawat kaca mobil agar tidak berjamur.

promo mobil bekas 2020

1. Rajin mencuci mobil

Hal pertama tentu saja adalah rajin mencuci mobil. Dengan melakukan kebiasaan ini, kebersihan badan mobil juga permukaan kaca mobil akan senantiasa terjaga. Untuk hasil maksimal, Anda disarankan buat membersihkan permukaan kaca dengan air yang bertekanan tinggi agar semua kotoran dan debu dapat rontok dengan sempurna. Setelah itu, jangan lupa juga untuk mengeringkan kaca mobil menggunakan lap yang berbahan lembut demi mengurangi risiko tumbuhnya jamur, ya.

2. Menggunakan cairan pelindung kaca mobil

Untuk menjaga kebersihan kaca, Anda juga dapat menggunakan cairan pelindung kaca yang banyak dijual di pasaran. Cairan ini biasanya memiliki bahan yang bisa membuat kaca memiliki sifat layaknya daun talas ketika disiram air. Hal ini tentunya membantu kaca mobil agar tidak berjamur, terutama di saat musim hujan. Tips: pastikan kaca bersih dari kotoran terlebih dahulu sebelum membersihkannya dengan cairan pelindung agar tidak ada bekas kotoran yang tersisa, ya.

3. Jangan terlalu sering menjemur mobil

Hal lain yang perlu diingat adalah tidak menjemur mobil di bawah panas sinar matahari terlalu lama. Sebab, kaca mobil akan cepat pudar dan karet-karet pada jendela mobil jadi cepat rusak. Maka dari itu, parkirlah mobil Anda di tempat yang teduh dan tidak langsung terpapar sinar matahari, ya.

4. Gunakan cairan penyeka kaca (wiper) khusus

Anda pun dapat menggunakan cairan penyeka kaca (wiper) untuk membersihkan kaca mobil yang kotor. Meski begitu, perlu diketahui bahwa cairan khusus kaca mobil ini tersedia dalam beberapa tingkatan pH. Untuk itu, bila Anda hendak menggunakan cairan ini, perhatikan kandungan pH-nya, ya. Jangan sampai Anda malah menggunakan cairan wiper yang tingkatan pH-nya tidak seimbang.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan kaca mobil agar tidak ada jamur yang tumbuh. Semoga bermanfaat!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed