Dingin! Apple merilis iOS 17.0.3 untuk menghentikan iPhone dari panas berlebih, menguras baterai, dan banyak lagi

Kabar baik bagi pengguna iPhone! Jika Anda terpaksa memakai sarung tangan asbes karena suhu iPhone Anda sepanas Matahari, Anda mungkin tidak perlu lagi mengenakan pelindung apa pun saat ingin menyentuh ponsel Anda. Itu karena Apple telah meluncurkan iOS 17.0.3, seperti yang diharapkan, untuk menghilangkan bug yang menyebabkan unit iPhone memanas saat baterai terkuras. Sebagian besar keluhan terfokus pada iPhone 15 Pro dan iPhone Pro Max meskipun model lain berjalan iOS 17 juga melakukan pemanasan.
Meskipun Apple menyalahkan bug perangkat lunak atas masalah ini, aplikasi tertentu seperti situs media sosial Instagram dan layanan ride-share Uber, ketika dibuka, tampaknya memicu kenaikan suhu yang mempengaruhi beberapa ponsel pintar Apple. Baik Instagram maupun Uber mengirimkan pembaruan dan pengembang di balik game seluler Asphalt 9 dilaporkan sedang berupaya memperbaikinya. Namun Apple dengan cepat menanggapi laporan iPhone yang terlalu panas dan mengatakan pada akhir pekan bahwa masalahnya adalah bug di iOS 17 dan berjanji akan merilis pembaruan.
Pembaruan ini juga akan meningkatkan masa pakai baterai bagi mereka yang memiliki iPhone yang terlalu panas. Keluhan dari pengguna menunjukkan bahwa baterai pada ponsel mereka yang terlalu panas terkuras dengan kecepatan 1 poin persentase per menit. Misalnya, 10 menit yang dihabiskan untuk menjelajahi Instagram pada iPhone yang terlalu panas akan mengurangi sisa masa pakai baterai sebesar 10 poin persentase.
iOS 17.0.3, yang disebarluaskan bersama dengan iPadOS 17.0.3, tersedia untuk iPhone XS dan versi lebih baru, iPad Pro 12,9 inci generasi ke-2 dan versi lebih baru, iPad Pro 10,5 inci, iPad Pro 11 inci generasi ke-1 dan versi lebih baru, iPad Air generasi ke-3 dan lebih baru, iPad generasi ke-6 dan lebih baru, serta iPad mini generasi ke-5 dan lebih baru. Apple menyatakan pada kartu pembaruan, “Pembaruan ini memberikan perbaikan bug penting, dan mengatasi masalah yang dapat menyebabkan iPhone bekerja lebih panas dari yang diharapkan.”
Selain menurunkan panas pada unit iPhone yang terkena dampak, iOS 17.0.3 juga menambal sepasang kerentanan keamanan termasuk satu di Kernel, yang merupakan bagian dari sistem operasi yang memiliki kendali atas segalanya. CVE-2023-42824 (nomor Kerentanan dan Eksposur Umum digunakan untuk membuat katalog kerentanan keamanan siber) dapat memungkinkan penyerang lokal meningkatkan hak istimewa mereka dan mengakses data yang seharusnya tidak dapat mereka akses. Apple mengatakan bahwa mereka mengetahui laporan bahwa kelemahan ini dieksploitasi pada versi iOS sebelum iOS 16.6. Kerentanan telah diperbaiki dengan menggunakan pemeriksaan yang ditingkatkan.

Kerentanan kedua yang ditambal oleh pembaruan berkaitan dengan WebRTC yang merupakan proyek sumber terbuka yang digunakan oleh pengembang untuk memungkinkan komunikasi video, suara, dan teks waktu nyata antara browser web dan perangkat seluler. CVE-2023-5217 dapat mengakibatkan buffer overflow yang menyebabkan eksekusi kode arbitrer. Yang terakhir ini mungkin memungkinkan penyerang mengeksekusi kode arbitrer, menyusupi sistem, dan mencuri data pribadi dan sensitif.

Meskipun iPhone Anda tidak memanas dan menjadi terlalu panas untuk dipegang, Anda mungkin perlu menginstal pembaruan demi alasan keamanan. Pergi ke Pengaturan > Umum > Pembaruan perangkat lunak dan ikuti petunjuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *